Perjuangkan Literasi Online, Mahasiswa AFI Rancang Strategi

Perjuangkan Literasi Online, Mahasiswa AFI Rancang Strategi

afi.unida.gontor.ac.id Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam mengadakan pelatihan pengelolaan website bagi mahasiswanya yang berlangsung pada hari Jum’at, 22 Februari 2019 di Ruang Rektorat Universitas Darussalam Gontor. Acara ini diselenggarakan oleh Bagian Website Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam. Kegiatan ini menjadi program baru yang akan diadakan persemester guna mengembangkan website program studi.

Selain itu tujuan diadakannya pelatihan ini adalah menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam serta mengkader mahasiswa dalam pengelolaan website. Sebagai langkah postif dalam pengeloalaan website dengan berasaskan kaderisasi yang merupakan salah satu Panca Jangka di Pondok Modern Darussalam Gontor.  Lebih jauh lagi Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam diharapkan menjaga siklus literasi online di website program studi dengan baik dan benar.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Al-Ustadz Muhammad Isom Mudin, M.Ud. selaku Ketua Program Studi dan dihadiri oleh beberapa dosen program studi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada peserta untuk meningkatkan semangat tulis dan menumbuhkan keikhlasan sebagai sarana dakwah melalui literasi online.

Al-Ustadz Taufik Affandi, M.Sc. selaku pembicara beliau menyampaiakan beberapa prinsip yang perlu diperhatikan khususnya dalam mengelola website. Beliau berpesan: “Untuk mengendalikan media, kendalikan dirimu sendiri,” dengan mengendalikan diri seseorang dapat mengalahkan ego dan lawan, seperti dikutip dalam mahfudzot: “Akan hancur orang yang tidak tahu kadar diri.”

Selain itu beliau juga mengingatkan pesan dari K.H Hasan Abdullah Sahal : “Jangan menjadi terminal” atau menyampaikan informasi tanpa menyaringnya. Di ujung acara Al-Ustadazah Nabila Huringin, M.Ag. selaku pembimbing website program studi beliau menugaskan mahasiswa untuk bekerjasama dalam mengelola website.

Hasil dari kegiatan ini adalah adanya kesepakatan bersama untuk berkomitmen mengembangkan website program studi sehingga menjadi website berarti dan bermutu. Harapan kami, pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas literasi online di kampus tercinta.

Pen. Hanif dan Maulidin



One comment

  1. Pingback: Yakin kamu Mahasiswa Guru? Berikut kriteria mental mahasiswa guru – Aqidah and Islamic Philoshophy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *