Kerjasama FU IDIA dan FU UNIDA, Wahana memperkuat hubungan Akademis dan keilmuwan

Kerjasama FU IDIA dan FU UNIDA, Wahana memperkuat hubungan Akademis dan keilmuwan

afi.unida.gontor.ac.id. Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor kedatangan tamu dari Madura yaitu Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan pada Sabtu, 9 Maret 2019. Tamu dari Sumenep ini terdiri dari mahasiswa, dosen pembimbing. Mahasiswa yang dating merupakan mahasiswa dari Program Studi Ilmu Akidah dan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin.

Kedatagan Keluarga besar Fakultas Ushuluddin dari IDIA yang berjumlah 135 mahasiswa dan dosen ini adalah untuk melakukan studi akademik yan berfokus pada pembahasan mengenai Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontomporer di Universitas Darussalam Gontor. Dari berbagai segi, mulai dari inti yang melatarbelakanginya, sampai ke tahapan praktis bagaimana mengaplikasikannya kedalam kurikulum pembelajaran di Unversitas Darussalam Gontor di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal ini disampaikan oleh Al Ustadz Muhammad Faqih Nidzom, M.Ud.

Lihat lebih lanjut bagaimana Islamisasi Ilmu dalam Belajar Islamisasi Ilmu, Apa Manfaatnya?

“Fakultas Agama sudah integrated dengan Fakultas Umum” pemaparan Al Ustadz Syamsul Hadi Untung, M.A., M.LS. kepada peserta
Penandatanganan MOU antara UNIDA dan IDEA

Selain kegiatan studi akademik, Fakultas Ushuluddin IDIA mengadakan MOU dengan Fakultas Ushuluddin UNIDA. Kerjasama ini terkait pembelajaran dan pengembangan bersama demi kemajuan Fakultas Ushuluddin yang mana menjadi core dari kedua imstitusi tersebut.

Acara ini didatagi oleh Bapak Rektor, Al Ustadz Prof. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Dekan Fakultas Ushuluddin, Ketua Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Ketua Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir serta beberapa dosen.

“Lulusan UNIDA dari fakultas apapun harus bisa menjadi Ustadz

Prof. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A

Dalam sambutan Al Ustadz Prof. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A, menyampaikan bahwa UNIDA selalu mementingkan mengutamakan kualitas namun tak mengabaikan formalitas. Sehingga di UNIDA ini kami selalu berusaha menjadikan seluruh program studi baik agama dan umum menjadi unggulan dengan nilai akreditasi yang maksimal.

Di UNIDA nilai kelulusan mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh Indeks Prestasi Komulatif yang berdasar kemampuan mahasiswa dalam menempuh SKS saja namun ada Indeks Prestasi Kesantrian yang berdasarkan kegiatan mahasiswa di luar jam kelas. Sistem pendidikan holistic 24 jam inilah yang menjadi dasar langkah pendidikan di UNIDA.

Perfotoan Bersama Peserta

Lihat : Pertahankan Nilai Pesantren, Prodi AFI-FU terapkan pola kepengasuhan 24 Jam

Al Ustadz Syamsul Hadi Untung, M.A, M.LS. selaku Dekan Fakultas Ushuluddin UNIDA menjelaskan sejarah fakutas secara detail dan inti dari fakultas yang membawahi tiga program studi dengan visi dan misi dan misinya. Beliau juga menjelaskan berbagai kegiatan mahasiswa yang berbasis akademik maupun non akademik.

Kunjungan dari IDIA ini akan diadakan setiap tahun untuk mempelajari Islamisasi di UNIDA. Dan akan ada kesepakatan MOU di tingkat institusi.

One comment

  1. Hello there,

    My name is George, and I was wondering if you would like to have your website gontor.ac.id promoted as a resource on my blog georgemartjr.com ?

    We are updating our broken link resources to include up to date resources for our readers. Our resource links are manually approved as a do follow link.
    If you are interested in having your site included as a resource on our blog, please let me know.

    Thanks
    George

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *