afi.unida.gontor.ac.id-Jum’at 29 Maret 2019, Salah satu ciri mahasiswa ialah ia yang gemar dalam berdiskusi untuk mengembangkan wawasan keilmuan, begitulah seharusnya sebagai mahasiswa UNIDA Gontor. Ucap Ustadz. Fardana Khizul Haq, M.Si. pada sesi penutupan kajian mingguan Islamisasi.

Dalam sambutannya, selaku penanggungjawab diskusi mingguan Islamisasi. Beliau memaparkan bahwa betapa pentingnya peranan agama dalam membangun sebuah negara.

Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa; “Tidak ada peradaban di dunia yang maju, kecuali mereka yang mempercayai sosok yang Agung”, karena agama dan negara saling berhubungan, bahkan dalam dunia Barat juga mempercayai dan mengamini hal tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa gagasan tentang opini agama dan negara tidak bisa disandingkan merupakan pernyataan yang salah.

Lanjutnya, bahwa yang menjadi pemeran terbesar dalam menerapkan semua itu ialah para generasi muda (milenial) yang menjadi tonggak masa depan bangsa dan negara. Maka generasi muda (milenial) harus membekali dirinya dengan keilmuan serta wawasan yang mampu menjawab tantangan masa depan. Hal itu bisa didapatkan dengan cara berdiskusi dan bertukar pikiran antar satu dengan lainnya.

Kegiatan diskusi mingguan pekan ini menjadi akhir dari rentetan kegiatan diskusi selama satu semester terakhir. Kegiatan ini hanya ditutup sementara sampai batas waktu yang telah ditentukan, dikarenakan Ujian Akhir Semester (UAS) kian mendekati.

Pekan diskusi kali ini juga berbeda dengan pekan diskusi sebelumnya, diskusi kali ini mengangkat tema “Urgensi beragama dan bernegara di Era milenial”, merupakan tema yang sangat menarik khususnya bagi para milenial. Pemateri yang dihadirkan juga dari para mahasiswa lintas semester dan prodi, hal ini bertujuan untuk memperkaya wawasan dan cara pandang dalam menyikapi isu-isu yang ada pada tema.

Di antara para pemateri tersebut ialah; Ihsan Iskandar, mahasiswa Hubungan Internasional semester 8. Arta Zulian Efendi, mahasiswa Ekonomi Islam semester 8. Dan Andika Rahmad, mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam semester 10. Dengan latar belakang prodi yang berbeda menjadi kajian ini semakin menarik dari perspektif yang berbeda-beda.

Kegiatan diskusi ditutup dengan penyampaian epilog yang disampaikan oleh Ustadz. Fardana Khizul Haq, M.Si. Beliau menambahkan bahwa banyak sekali urgensi agama dalam membangun sebuah bangsa atau negara terutama di era milenial sekarang ini.
Pen. Joko Kurniawan

Berita lainnya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *