afi.unida.gontor.ac.id.- Universitas Darussalam Gontor adalah Instansi pendidikan yang meneruskan nilai-nilai kepondokmodernan yang telah ditanamkan semenjak KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor. Nilai-nilai yang dievaluasi tidak hanya dalam proses pembentukan mental anak didik didalam asrama saja, akan tetapi mentalitas kegiatan akademik juga membutuhkan evaluasi.

Proses evaluasi kegiatan akademik berperan penting dalam pembentukan kualitas mental anak didik baik secara psikis ataupun fisik. UNIDA selalu menekankan bahwa didalam proses evaluasi tidak hanya kecerdasan intelektual yang akan diuji dan dievaluasi; akan tetapi mental, emosi bahkan spiritual mahasiswa menjadi objek evaluasi. Maka proses evaluasi atau yang akrab dinamakan dengan ujian mendapatkan perhatian khusus di lingkungan kampus pesantren ini.

Baca Juga: Pertahankan Nilai Pesantren, Prodi AFI-FU terapkan pola kepengasuhan 24 Jam

Program studi Aqidah dan Filsafat Islam telah menerapkan berbagai macam metode proses evaluasi. Setiap dosen mempunyai otonomi dan kebebasan dalam penerapan metode proses evaluasi, dengan beberapa standar yang telah ditentukan oleh Universitas. Metode proses evaluasi bisa dilaksanakan secara lisan, tulis, bahkan berbentuk essay atau tugas. Setiap metode mempunyai nilai plus minus yang akan dijadikan bahan evaluasi  secara umum bagi prodi dan kinerja dosen khususnya.

Baca Juga : Dr. Kholid Muslih, M.A: Menjadikan Al-Qur’an sebagai life style

Salah satu metode yang menarik untuk dilaksanakan adalah ujian secara lisan. Seperti yang telah diterapkan oleh Dr. Kholid Muslih, M.A dalam pelajaran Qadhaya Falsafiyah Muashirah. (7/4). Proses evaluasi pembelajaran ini berlangsung selama 3,5 Jam dan diikuti oleh seluruh mahasiswa AFI semester 6. Metode yang Dr. Kholid terapkan cukup menarik dan menciptakan suasana ujian yang kondusif, seluruh peserta dipersilahkan masuk dan mendapatkan jatah pertanyaan masing-masing lalu dipersilahkan untuk mengungkapkan argumennya secara bergantian.

Baca Juga : Mahasiswa UNIDA Gontor Menghadapi Ujian Tengah Semester

Suasana ujian yang diadakan di ruang 103 Gedung Pascasarjana lt.01 Ahad lalu, cukup menyenangkan sekaligus menegangkan. Mayoritas mahasiswa terlihat cukup percaya diri dalam menghadapi ujian, bahkan mereka menyatakan bahwa mereka optimis berhasil dalam melewati ujian ini.

Oleh : Nabila Huringiin, S.Fil.I, M.Ag
Dosen Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam

Artikel Lainnya:

One Comment

  1. Pingback: Tanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan, Panitia UAS Arahkan Ujian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *