Afi.unida.gontor.ac.id.-Harapan untuk mahasiswi baru- Ahad (23/06/2019) yang lalu, Universitas Darussalam kampus Mantingan, baru saja melaksanakan penutupan acara OSPEK 2019. Acara ini dimulai sejak 18 Juni 2019, yang dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A selaku rektor Universitas Darussalam.

Beliau memaparkan bahwa ospek zaman sekarang, sangat berbeda dengan ospek yang terjadi di tahun 1970-an, saat itu ospek dijadikan sebgai ajang ‘Balas Dendam’ yang dilakukan oleh mahasiswa senior terhadap mahasiswa junior.

Baca juga: Kurikulum Islamisasi sains realisasi dan Harapannya

Kemudian, dihari selanjutanya berbagai season diisi oleh dosen Unida beserta jajarannya, seperti Al Ustadz Ahmad Suharto, M. Pd.I, Al Ustadz Dr. Sujiat Zubaidi Shaleh, M. Ag, Al Ustadz Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH dan sebagainya.

Ospek atau orientasi studi pengenalan kampus yang diadakan di Unida Kampus Mantingan diikuti oleh para calon mahasiswi baru (Camaba) sebanyak 828 Camaba. Diantara peserta ospek terdiri dari Mahasiswi guru, Unida regular, dan Camaba yang berasal dari non-KMI.

Dalam Ospek kali ini, mahasiswi baru dikenalkan secara jelas dan detail mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan Univeristas Darussalam, mulai dari visi, misi, tujuan, sejarah dan sebagainya. Tidak cukup hanya dengan pengenalan kampus, Mahasiswi baru juga diberikan beberapa materi yang bersangkut paut dengan tugas kuliah.

Baca Juga Kurikulum Sains Dan harapannya

Seperti teknik penulisan paper dan resume, teknik penggunaan referensi di perpustakaan dan makalah ilmiah di internet, teknik diskusi dan debat serta beberapa materi yang berhubungan dengan kegiatan serta tugas kuliah.

Meskipun kegiatan ospek merupakan agenda rutin tahunan Unida, namun, itu tidak mengurangi kesemanagatan para panitia juga peserta ospek itu sendiri. Dengan bertemakan ‘Mateen’, para mahasiswi baru diharapkan mampu menjadi mahasiswi yang mempunyai kepribadian yang tanggap, tangguh dan berkarakter. Sesuai dengan motto pada ospek tahun ini.

Acara yang berjalan selama seminggu ini, berjalan dengan lancar. Ditambah dengan panitia dan peserta ospek yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.
Pen : Rahmah Mega A.

Artikel Terkait lainnya

One Comment

  1. Pingback: Ingin Mewujudkan Impian, Mahasiwi Unida Ikuti Seminar Motivasi Beasiswa LPDP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *