Pakar Filsafat Pendidikan dari Univ. Mansurah Mesir, Prof. Abd. Rahman Abd. Rahman an-Naquib, dalam seminar ilmiah di UNIDA Gontor (21/7/2019), merekomendasikan para peserta untuk memiliki dan membaca karya monumental Prof. Ismail Raji al-Faruqi yang berjudul Athlas al-Hadārah al-Islāmiyah.

Sebagai informasi, buku ini sudah diterjemahankan ke bahasa Indonesia dengan judul: Atlas Budaya Islam). Ia juga merupakan referensi utama Alm. Ustadz Dr. Dihyatun Masqon ketika mengampu mata kuliah Tauhid dan Peradaban di kelas PKU dan Program Pascasarjana UNIDA Gontor beberapa tahun lalu.

baca juga Tauhid sebagai Prinsip Ilmu Pengetahuan (Studi Analisis Ismail Raji al Faruqi)

Bab pertamanya yang berjudul Tauhid sebagai intisari Peradaban juga menjadi tema utama kajian Talaqqi Kitab mahasiswa Teras Peradaban yang dibimbing oleh Ustadz Dr. M. Kholid Muslih, Kaprodi AFI Pascasarjana UNIDA Gontor.

Apa menariknya buku ini? Prof. Abd. Rahman an-Naquib mengungkapkan, selain belajar dari aspek historis, buku ini menunjukkan kepada kita secara filosofis bagaimana Islam sebagai agama, ajaran dan pedoman, menjelma menjadi peradaban ilmu yang agung, dengan lahirnya ulama dan saintis pakar di berbagai bidang.

baca juga BELAJAR ISLAMISASI ILMU, APA MANFAATNYA?

Bagaimana Tauhid menjadi asas dan prinsip dasar ilmu pengetahuan? Metodologi dan framework studi Islam seperti apa yg semestinya dipegang para pengkaji saat ini? apa urgensi mengenal itu semua dalam kerangka Islamisasi ilmu pengetahuan? Jawaban atas pertanyaan2 ini juga akan ditemukan dalam buku tersebut.

Semoga kita diberikan kelapangan oleh Allāh swt berupa waktu, rezeki dan niat untuk mengkaji dan ber-istifadah dari karya salah satu tokoh besar yang dimiliki umat Islam ini.

[Rep: Muhammad Faqih Nidzom]

2 Comments

  1. Pingback: Menegaskan Kembali Makna, Urgensi dan Agenda Islamisasi Ilmu: Catatan Diskusi bersama Ustadz Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi

  2. Pingback: Melihat Agenda dan Peluang Riset Islamisasi Ilmu dengan Pendekatan Historis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *