afi.unida.gontor.ac.id – Dosen program studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor melakukan kunjungan dalam rangka “Studi banding kurikulum dan tata kelola program studi” kepada Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Kunjungan ini bermaksud menjalin silaturahim antara Prodi AFI UNIDA Gontor dengan Fakultas Psikologi UMM, menambah wawasan dan pengalaman dalam pengelolaan kemahasiswaan, serta meninjau penerapan kurikulum yang ada di Fakultas Psikologi UMM.

Acara ramah tamah disambut langsung oleh Dekan dan beberapa dosen Fakultas Psikologi, Bapak Muhammad Salis Yuniardi, M.Psi., Ph.D., Ibu Diana Savitri H., M.Psi., dan Ibu Dian Caesaria Widyasari, S.Psi., M.Sc. di Gedung GKB IV Lt. 5.

Dalam sambutannya Kepala Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, al-Ustadz. Moh. Isom Mudin, M.Ud. menyampaikan “ada banyak hal yang ingin kami dapatkan dari UMM khususnya dalam penerapan kurikulum kepada para mahasiswa”. Tak lupa juga beliau menjelaskan tentang profile singkat Prodi AFI UNIDA Gontor dan maksud serta tujuan di adakannya kunjungan pada kesempatan kali ini.

Baca Juga: Komedi dan Tragedi, Ironi Negeri Surgawi
Suasana Sharing Season Bersama Fakultas Psikologi UMM

Acara lebih santai dan bersifat sharing antar lembaga. Bapak Muhammad Salis Yuniardi benyak menjelaskan penerapan kurikulum yang ada di lingkungan UMM, beliau menjelaskan bahwa “Setiap perguruan tinggi atau lembaga memiliki visi dan misi yang menjadi titik acuan dalam menerapkan kurikulum, begitu pula juga dengan Fakultas Psikologi yang memfokuskan untuk menjadi pusat pskologi terapan”.

Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan maksud dari psikologi terapan. Dimana perkuliahan secara praktek menjadi penerapan secara langsung kepada mahasiswa, tidak hanya sekedar pembahasan teori semata.

“Psikologi terapan juga tidak berjalan sendiri, dalam artian nilai-nilai tentang ajaran keislaman juga di ajarkan dan diterapkan, bahwan sejak pertama kali mereka berada di semester awal. Dengan demikian buah ajar yang disampaikan tersalurkan kepada para mahasiwa”. Jelas bapak dekan Fakultas Psikologi UMM yang banyak memberikan arahan serta perkembangan yang terjadi di lingkungan fakultas psikologi UMM.

Baca Juga: Terapi Lapar

Acara ini juga berjalan dengan khidmat, bahkan saling lempar tanya jawab antara satu sama lain. Tidak hanya tidak hanya membahas tentang kurikulum, kemahasiswaan, manajemen pengelolaan, sampai pembahasan tentang penelitian juga dipaparkan dengan sedemikian rupa. Pada sesi akhir, Bapak Muhammad Salis Yuniardi selaku dekan fakultas psikologi juga menawarkan penelitian bersama kepada program studi AFI. Hal ini guna mempererat hubungan yang selama ini sudah terjalin dan bisa saling melengkapi antara satu sama lain.

Puncak dari acara ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan antara Fakultas Psikologi dengan Prodi AFI dan di akhiri dengan sesi pefotoan bersama.

Ada banyak hal yang didapatkan dari acara sharing dan saling bertukar pikiran. Mengingat prodi AFI tengah mengembangkan penerapan seperti apa yang pantas untuk diterapkan kepada para mahasiwanya dan tentu UMM dengan berbagai macam pengalamannya dalam membina para mahasiswa sehingga tak heran juga UMM masuk dalam perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di Indonesia.
Reporter: Joko Kurniawan

Perfotoan bersama dengan para fungsionaris Fakultas Psikologi UMM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *