afi.unida.gontor.ac.id Universitas Darussalam Gontor  mengadakan ujian komprehensif bahasa Arab. Di mana para mahasiswanya harus dapat dan mampu untuk menguasai bahasa tersebut, bahkan jauh dari itu sebagai Mahasiswa UNIDA Gontor juga dituntut untuk menguasai bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa resminya. Selain itu, adanya acara ini mengukur sejauh mana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa.

Adapun ujian kali ini, diadakan pada hari Jum’at, 13 Desember 2019. Disamping itu tujuan diadakanya kegiatan ini karena pentingnya Bahasa  Arab yang mana pada sejatinya banyak ilmu agama ataupun sains yang datang dari dunia Islam yang menggunakan bahasa Arab.

Suasana ujian di dalam kelas

Kegiatan ini, diawali dengan diadakannya upacara pembukaan Ujian Komprehensif yang bertempat di loby Gedung Utama UNIDA Gontor.  Pada kesempatan itu, hadir pula Wakil Rektor UNIDA Gontor al-Ustadz  Dr.  Setiawan Bin Lahuri Lc . M.A.

Dimana pada kesempatan tersebut beliau banyak memberikan arahan serta mengingatkan akan pentingnya bahasa kepada Mahasiswa. Bahkan, beliau juga berharap agar ujian ini bukan hanya dilaksanakan pada pertengahan semester, namun dilaksanakan diawal ketika mereka akan mendaftar untuk menjadi Mahasiswa UNIDA Gontor.  

Suasana Pengarahan Pembukaan Ujian Bahasa Arab

Peserta Ujian bahasa ini diikuti oleh semester 4 dan 6 serta, semester 8 dengan persyaratan telah lulus untuk materi wajib bahasa Arab yang ada dalam sks UNIDA Gontor.

Ujian ini diikuti oleh mahasiswa UNIDA diseluruh kampus, yaitu dengan perincian sebagai berikut; mahasiswa kampus pusat Siman ,mahasiswa Rabithah, mahasiswa kampus putri, mahasiswa kampus Kediri, mahasiswa kampus Magelang.

Ujian bahasa di universitas Darussalam gontor benar-benar murni bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan berbahasa mahasiswa UNIDA Gontor sebelum melangkah kepada jenjang penulisan skripsi.
Pen. Muhammad Yusuf
Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam

Lihat Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *