Radio Dakwah Islam (RDI) – Media Inspirasi Menyejukkan dan Mencerdaskan Umat

Radio Dakwah Islam (RDI) – Media Inspirasi Menyejukkan dan Mencerdaskan Umat

RDI, atau yang sering disebut dengan Radio Dakwah Islam adalah salah satu media penyiaran dakwah melalui radio yang merupakan lembaga milik salah satu masjid jami’ di kota Malang, yaitu Masjid Annur, lebih tepatnya di jl. Piereyanden No. 1c, Malang.

Pada awal dimulainya radio ini yaitu tahun 2007, Radio ini bernama “Radio Annur”. Denga tujuan utama yaitu untuk berdakwah kepada masyarakat sekitar masjid dan masyarakat lokal kota Malang, walau hanya sebatas di kampung atau daerah dalam pelaksanaan kajian kajian rutin maupun kajian umum. Seiring berjalannya waktu, di tahun 2008 radio ini berubah nama menjadi “Radio Dakwah Islam (RDI)”, yang mana lebih mengembangkan penyiaran dalam lingkup yang lebih luas. Dengan adanya RDI ini, masyarakat menjadi senang karena sangat membantu mereka dan bermanfaat bagi masyarakat. Selanjutnya, di tahun 2012, RDI memulai kemajuan. RDI menyiarkan dakwah tidak hanya untuk masyarakat sekitar masjid, namun, meluas hingga ke provimsi dan seluruh Indonesia.

baca juga Radio Dakwah Islamiyah An-nur

Visi dari RDI ini adalah menyajikan dakwah islam yang menginspirasi, menyejukkan dan mencerdaskan umat, dan juga menyajikan program radio yang terdepan dalam membangun image sebagai pemersatu umat dan bangsa.

Program program yang disiarkan melalui radio ini antara lain tentang informasi kajian kajina yang akan berlangsung di Masjid Annur itu sendiri, murattal ayat ayat Al-Qur’an,  siaran siaran dakwah yang disampaikan oleh para ustadz yang selanjutnya di bukalah sesi tanya jawab, slaah satu diantara yang pernah mengisi kajiannya adalah Ustadz Abdul Shomad.

Dalam hal dakwah, RDI ikut berperan aktif dalam memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat, banyak program yang disiarkan melalui radio ini. Dari banyaknya program yang disiarkan, dialog interaktif menjadi salah satu program unggulan yang disukai masyarakatnya. Dialog interaktif tersebut, berisikan tentang banyak hal, diantaranya tentang syari’ah, agama, pendidikan, hubungan sosial, dan sebagainya.

baca juga STUDI AKADEMIK : Sebuah Proses Pembelajaran Terarah dan Sistematis

 Mengapa harus radio di era yang sudah modern ini? Karena radio memiliki banyak manfaat dan fungsi bagi masyarakat, salah satunya adalah karena radio ini merupakan  media informasi dan media hiburan melalui suara yang dapat didengarkan oleh banyak orang  tanpa mengganggu aktivitas atau pekerjaan mereka, juga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat yang dapat dinikmati setiap saat.  

Diantara kelebihan dari radio adalah radio bersifat cepat karena langsung menyiarkan berita berita terbaru yang ada, bersifat personal karena bisa mendengarkan kajian kajian yang menyejukkan hati para pendengarnya, bersifat imaginative yang mana setiap radio harus memiliki imajinasi yang banyak sehingga dapat menghibur para pendengarnya, bersifat murah karena tidak perlu modal yang banyak untuk mendapatkan informasi melalui radio,serta mbilitas yang terjaga didalamnya yang bisa memabawa masyarakat menuju jalan kebenaran yang dibaluti iman dan taqwa.

Pendengarnya pun bermacam macam, umumnya mereka yang ingin mendapat informasi lebih banyak tentang agama serta kajian dakwah islam yang menarik dengan cara yang unik, yang mana dizaman sekarang ini kebanyakan orang lebih memilih media sosial untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Rep                 : Mutiatul Maula
: Viki Amilia
Pen                 :Yasmin Mufida
Ed                   : Ikvina Rizqo

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *