Di sore hari menjelang malam, pada tanggal 7 Januari 2020, seluruh keluarga besar progam studi AFI (Aqidah dan Filsafat Islam) yang terdiri dari para mahasiswa dan dosen mengadakan kegiatan bersama yaitu olahraga futsal, kegiatan ini diselenggarakan oleh HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi) dibawah naungan para dosen prodi, kegiatan ini diselenggarakan di lapangan futsal GOR Triyoga yang terletak di desa jetis, kurang lebih 4 km dari kampus Unida.

Potret para mahasiswa dan dosen sedang bermain futsal.

Para mahasiswa dan dosen sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, hal tersebut terlihat ketika lapangan futsal yang tidak cukup untuk menampung seluruh mahasiswa dan dosen untuk bermain, sehingga para mahasiswa pun perlu bergantian. Tetapi, walaupun harus bergantian, semangat para mahasiswa dan dosen tidaklah surut, justru hal tersebut dapat menambah semangat para mahasiswa dan dosen saat bermain. Setelah kurang lebih satu jam bermain, kegiatan diakhiri dengan perfotoan bersama seluruh keluarga besar Prodi AFI.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengamalan akan motto kedua Universitas Darussalan Gontor yang berbunyi “Berbadan Sehat”. Sehingga para mahasiswa dapat menjalankan seluruh aktivitas perkuliahan kampus, baik aktivitas akademis maupun non-akademis. Dan kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian Prodi AFI terhadap salah satu dari empat dasar kegiatan pokok di unida yang terdiri dari olah fikir, olah dzikir, olah rasa, dan olah raga, dan kegiatn ini termasuk kedalam kategori kegiatan olahraga.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah selain mengasah raga menjadi lebih kuat, juga untuk mempererat tali ukhuwah islamiyah antara mahasiswa dan dosen, dan diadakannya kegiatan ini tepat satu minggu sebelum UTS (Ujian Tengah Semester) juga agar para mahasiswa tidak merasa penat akan kegiatan-kegiatan di kampus yang begitu padat, sehingga dalam masa-masa UTS kelak, para mahasiswa dapat menjalaninya dengan tenang.

Dan diharapkan, setelah berlangsungnya acara ini, hubungan ukhuwah diantara mahasiswa dan dosen semakin erat, dan juga para mahasiswa menjadi lebih fokus dalam menghadapi UTS yang akan berlangsung seminggu lagi terhitung dari berita ini dipublikasikan.

Pen: Fiqhi Akbar Rafsanjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *