afi.unida.gontor.ac.id – Kamis (20/02/2020) Fakultas Ushuluddin mengadakan kegiatan ‘Workshop on Writing Thesis Proposal & Research Methology’, kepada seluruh mahasiswa semester VI di gedung Hall CIOS, dengan menghadirkan tiga orang dosen yang pakar dibidangnya, di anataranya; Dr. Sujiat Zubaidi Saleh, M.A., Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH. & Dr. Ihwan Mahmudi, M.PD.

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib setiap tahunnya, kepada para mahasiswa yang akan mengajukan judul skripsi nantinya. Untuk tahun ini, seluruh mahasiswa semester seluruh kampus berjumlah; 196 mahasiswa, dengan perincian; Prodi Studi Agama-agama; 78 mahasiswa, Aqidah dan Filsafat Islam; 40 mahasiswa dan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir; 78 mahasiswa.

Bapak Dekan Fakultas Ushuluddin al-Ustadz. Syamsul Hadi Untung, M.A., M.LS. berkesempatan hadir dan memberikan kata sambutan di hadapan para mahasiswa. Hal yang paling pertama beliau sampaikan bahwa kegiatan yang tengah berlangsung di Pondok Darussalam Gontor khususnya UNIDA Gontor sangatlah padat.

Namun beliau menekankan bahwa acara ini sangatlah penting sekali untuk semester VI, agar mengerti dan memahami bagaimana menulis dan meneliti dengan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

“kegunaan dari adanya kegiatan ini agar mendapatkan ilmu, sehingga kemudian bisa dengan mudah menulis proposal dan mengajukan judul skripsi”.

“Targetnya semua semester VI bisa mengajukan proposal judul skripsi sebelum kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dimulai”, ungkap Bapak Dekan di hadapan mahasiswa dan para dosen yang turut hadir dalam acara malam ini.

Beliau juga menyampaikan pesan kepada para dosen Fakultas Ushuluddin, bahwasanya; “Salah satu tugas dosen yang ada diperguruan tinggi selain mengajar ialah membimbing para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi)”.

“Kata-kata membimbing perlu digarisbawahi karena itu sangat penting sekali”.

Beliau juga menjelaskan bahwa dengan adanya bimbingan mahasiswa akan mendapatkan banyak manfaat dan dosenpun akan mendapatkan lebih banyak manfaatnya.

Beliau menyampaikan kepada para mahasiswa; “jangan malu untuk berkonsultasi kepada siapa saja yang di anggap enak untuk di ajak konsultasi, dan mahasiswa juga boleh muriquis pembimbing yang akan di ajukan. Tapi, tentunya nanti akan di musyawarahkan di fakultas melihat kapasitas dan kemampuan dari dosen yang di ajukan”.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan empat kali sesi. Terhitung dari mulai hari Kamis, 20 Februari 2020 hingga Jum’at 21 Februari 2020.

Pada sesi akhir, di khususkan untuk sesi program studi, yang tidak lain diperuntukkan agar prodi dapat mengawal progres para mahasiswa dalam menentukan tema skripsi dan mengajukan judul skripsi.

Acara ini ditutup secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Ushuluddin dengan memberikan pesan; “Anda adalah pelaku sejarah, maka buatlah sejarah dengan bisa wisuda tepat waktu, karena sekarang semuanya menggunakan sistem dan wisuda akan dibatasi sesuai dengan kuota yang telah di tentukan”.
Rep. Joko Kurniawan

Workshop on Writing Thesis Proposal & Research Methology
Workshop on Writing Thesis Proposal & Research Methology

Berita Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *