afi.unida.gontor.ac.id – Selasa, (17/03/2020) Rumah Jurnal Universitas Darussalam Gontor mengadakan ‘Lokakarya Literasi Jurnal’ sebagai bentuk bekal dan pelatihan kepada segenap pengelola jurnal yang ada di lingkungan Universitas Darussalam Gontor.

Kegiatan ini, dilaksanakan di Hall Hotel Universitas Darussalam Lt. 2, dimulai sejak pukul 08.30 hingga pukul 15.00 nantinya. Peserta yang hadir sejumlah 48 orang dari dosen pengelola jurnal di tingkatan Universitas, Fakultas dan Program Studi.

Menghadirkan dua orang pembicara; Andista Candra Yusro, M.Pd. dari Universitas PGRI Madiun dan Mochammad Tanzil Multazam, M.Kn. dari Universitas Muhammadiyah Sidoharjo yang sangat berkompetensi dalam bidang pengelolaan jurnal.

Materi yang dibahas mencakup tiga aspek penting dalam komponen jurnal, seperti; ‘Peer Review Process (Menggunakan OJS 2)’, ‘Publication Ethics (Editor, Author, Reviewer and Publisher)’, dan ‘Akreditasi Jurnal Nasional & Bedah Jurnal’.

Program studi Aqidah dan Filsafat Islam yang juga memiliki “Tasfiyah; Jurnal Pemikiran Islam” mengirim dua orang utusan, di antaranya; al-Ustadz. Achmad Reza Hutama Al Faruqi, S.Fil.I. dan al-Ustadz. Joko Kurniawan, S.Ag. dalam pelatihan pengelolaan jurnal kali ini.

Al-Ustadz. Dr. Sujiat Zubaidi Shaleh, M.A. selaku Kepala ‘Rumah Jurnal’ membuka dan memberikan kata sambutan sebelum acara pelatihan dilaksanakan.

“Pelatihan pengelolaan jurnal sangat perlu dan memang dibutuhkan sebagai pengelola jurnal dan juga sebagai pemacu kita agar kita dapat meningkatkan kemampuan diri ke depannya”

Beliau juga bercerita bahwa sejak tahun 1996 beliau sudah mengelola jurnal ‘Tsaqafah’ waktu itu.

“Perjalanan jurnal kita sangatlah luar biasa, kami termasuk yang mengetahui dan menjalani. ‘Jurnal Tsaqafah’ pada tahun 1996 sudah muncul namun berhenti dan di tahun 2004 baru dimulai lagi” ungkap Dr. Sujiat yang menceritakan pengalamannya sebagai pengelola jurnal.

Di akhir kata sambutan yang beliau sampaikan, beliau memberikan nasihat kepada para pengelola jurnal yang hadir;

“Dengan kita ditugasi untuk mengelola jurnal insyaallah akan ada banyak sekali keberkahan yang akan didapatkan dalam hidup, sehingga nantinya akan selalu dipermudah oleh-Nya.”
Rep. Reza Hutama & Joko Kurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *