Bulan Ramadhan yang dinanti oleh umat muslim seluru dunia kali ini harus bertemu dengan kondisi yang kurang baik. Kondisi yang mengharuskan kita untuk membatasi sosialisasi dan bahkan terpaksa harus menutup masjid untuk sementara demi menghindari penyebaran wabah virus corona.

Tapi, Kondisi bukanlah alasan seorang muslim dan mukmin sejati untuk menjalankan puasa dan mewujudkan cita-cita dan tujuan akhir dari berpuasa yaitu mendidik diri, meneta hati guna tercapainya derajat “Muttaqin”. Seperti yang difirmankan Allah SWT pada surat Al-Baqoroh 183. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Guna menggapai cita-cita dan tujuan puasa pada bulan ramadhan, Universitas Darussalam Gontor menawarkan kegiatan yang dapat mendorong tercapainya derajat Muttaqin. Selain mendidik diri dengan berbagai ibadah dan menahan diri dari yang membatalkan puasa. Yaitu dengan mengadakan kajian tentang 3 tema besar dalam studi islam yaitu ilmu tentang akhlak, Syariah,dan Aqidah.

baca juga Syiar Ramadhan 1441/2020

Ketiga ilmu tersebut dapat membantu dalam mencapai tujuan bulan Ramadhan. Kajian mengenai akhlak, dapat membantu dalam penataan hati dan karakter.kajian mengenai syariah memberikan pengetahuan tentang bagaimana ibadah yang baik dan benar sehinggga para mahasiswa diharapkan dapat melakukan ibdah di bulan ramadhan dengan tenag dan sesuai dengan ajaran Nabi. sadangkan kajian  tentang aqidah dapat memperkuat iman dan menambah ketakwaan. Sehingga dengan adanya kajian-kajian tersebut, Mahasiswa dapat menjadi pribadi yang beriman kuat, berkarakter islami, dan selalu memegang teguh ajaran Nabi dalam setiap ibadah serta kehidupan sehari-hari.

Kajian-kajian tersebut dimentori oleh 3 ustad yang kompeten dibidangnya. Untuk materi tauhid, kajian dimentori oleh Ust. Kholid Muslih yang merupakan lulusan Al-Azhar Kairo untuk strata 1, 2, hingga doctoral. Sedang kajian tentang syariah sendiri dimentori oleh Ust. Mulyono Jamal selaku mantan Dekan Fakultas Syariah Universitas Darussalam Gontor. Tema yang terakhir tentang Akhlak dimentori oleh Ust. Muhammad Wahyudi yang merupalkan kepala program studi Pendidikan Bahasa Arab.

Sedangkan kitab yang digunakan adalah Ihyau Ulumuddin yang ditulis oleh imam besar uamt islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghozali, Washoya al-aba lilabniya karangan Muhammad Syakir, dan Sifatu Sholati An-Nabi karya Muhammad Nashruddin Al-Albani.

baca juga TIPS PERSIAPAN MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN, RUGILAH BAGI YANG TIDAK MELAKUKAN INI

Usulan kegiatan ini merupakan hasil dari rapat pengurus masjid jami UNIDA Gontor. yang ditindak lanjuti dengan pembentukan panitia Syiar Ramadhan sebagai pengganti Kampung Ramadhan UNIDA yang terpaksa ditiadakan karena menimbang peraturan pemerintah untuk meniadakan segala macam kegiatan yang dapat mengundang kerumunan masa. Kampung Ramadhan UNIDA adalah kegiatan tahunan Kampus di setiap bulan Ramadhan dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti: pesantren kilat, kajian untuk umum, dan lain sebagainya.

  Oleh sebab itu, Usulan dari Ta’mir masjid menjadi jalan pintas guna memeriahkan bulan Ramadhan Kali ini. Dengan menghidupkan ligkungan yang religious dan ilmiah.Suasana Ramadhan seperti inilah yang harusnya berkembang di lingkungan umat muslim demi kemajuan dan kajayaan islam. Dan untuk mengembalikan budaya keilmuan ulama muslim terdahulu.

Rep : Mawardi
Ed   : Nabila Huringiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *