afi.unida.gontor.ac.id – Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor mengadakan Kumpul Mingguan di kantor Fakultas Ushuluddin, Selasa (7/72020). Kumpul ini merupakan kegiatan mingguan yang membahas rencana dan sekaligus evaluasi kegiatan mahasiswa selama seminggu. Dalam perkumpulan kali ini turut dihadiri oleh sejumlah dosen dari program studi Aqidah dan filsafat Islam, Studi Agama-Agama, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, dan turut juga dihadiri oleh wakil Rektor I, Al-Ustadz. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A. M.Phil.

Rapat kerja kali ini membahas rencana kegiatan mahasiswa dan program-program seperti halnya, research dosen dan mahasiswa. “karena majunya sebuah Fakultas itu tergantung pada kepakaran dosen di dalamnya dan kemajuan sebuah Universitas itu tergantung Fakultas yang ada di dalam universitas tersebut”. Ujar Al-Ustadz Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi. M.A, M.Phil.

Kenapa Fakultas Ushuluddin Menjadi Fakultas Ummul ‘Ulum?

Beliau juga menambahkan semua yang menjadi dosen ushuluddin wajib mengerti tentang Islamisasi. Harus bisa bicara semua hal (komprehensif), “karena Ushuluddin adalah the mother of sciences (ummul ulum) karena orang bicara ilmu apa saja saja jika tidak merujuk pada Al-Qur’an sama sekali dia tidak mempunyai basis”. Tambah beliau.

“Dengan rapat kerja kali ini kita mengharapkan ada karya-karya yang monumental dan bisa dipakai untuk mahasiswa, seperti halnya membuat kamus yang berisi tentang istilah-istilah dalam bahasa filsafat dan diterjemahkan dalam 3 bahasa (Arab, Inggris, Indonesia). Tutup wakil Rektor I UNIDA Gontor.

Oleh: Mohammad Hotibul Umam
Staf Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Universitas Darussalam Gontor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *