Sosialisasi PKM : Al-Ustadz Khaorul Umam “Tonggak Peradaban Islam ada di Anak Muda”

http://afi.unida.gontor.ac.id/ Minggu (7/2/2021), Dewan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor ponorogo menggelar sosialisasi program Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dengan tujuan menarik dan menampung seluruh potensi mahasiswa. http://dema.unida.gontor.ac.id

            Acara ini diselenggarakan dengan menimbang potensi dan bakat mahasiswa yang banyak tidak tersalurkan. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor 3 Al-Ustadz Khoirul Umam dalam kata sambutannya beliau mengutarakan masalah yg dihadapi UNIDA dalam hal prestasi mahasiswa adalah kurangya mahasiswa yang tau bagaimana menyalurkan minat dan bakatnya. Oleh karena itu akan sangat baik jika seluruh potensi dan bakat yang dimiliki mahasiswa dapat termediasi lewat program PKM.

            Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa program ini dapat menjadi media untuk membangun kembali semangat intelektual islam yang selama ini sudah lama terpuruk. Dalam kata sambutannya, beliau memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh mahasiswa sebagai pemuda mukmin untuk mendakwahkan islam dan membangun kembali citra intelektual kaum muslimin lewat program PKM tersebut, “Tonggak peradaban islam ada di anak muda” kata beliau sebagai motifasi bagi seluruh mahasiswa.

            Apalagi jika mellihat potensi para pemuda yang masih kuat dan mampu berjuang lebih daripada orang-orang tua. Beliau menyayangkan jika potensi-potensi sebagai anak muda disia-siakan begitu saja. Menurutny hanya anak mudalah yang mampu menerjang seluruh rintangan hidup yang ada untuk membela dan menegakkan panji islam. “Anak mudalah yang mampu melihat kesempatan dan menerobos segala resiko. Yang ada di depannya” tutur beliau.

            Dalam hal teknis, Al-Ustadz Khoirul Umam juga menyarankan para mahasiswa untuk membentuk tim lintas prodi dengan tujuan ide-ide yang dihasilkan bukan hanya dari satu sudut pandang dan monoton melainkan dapat melahirkan ide yang inivatif dan multi disiplin. Sehingga manfaat yang dihasilkannyapun lebih luas.

            PKM yang merupakan ajang bergengsi bagi para mahasiswa di seluruh pelosok negri ini, seharusnya bisa menjadi pemantik semangat bagi segenap mahasiswa untuk menunjukkan potensinya sekaligus menjadikannya sebagai tolak ukur apakah potensi yang dimilikinya sudah sesuain dengan apa yang seharusnya dimiliki oleh seorang mahasiswa.

            Dalam hal ini al-ustadz Fajar Pramono, selaku tenaga pengajar di UNIDA  memaparkan 4 kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa dimanapun. Potensi-potensi tersebut pertama adalah Academic Knowladge atau pengetahuan akademik yang luas. Kedua, Skill of Thinking atau kemampuan untuk berfikir kritis dan solutif dalam melihat permasalahan yang ada. Ketiga, Management skill yang berarti kemampuan untuk mengatur segala hal agar sesuai dengan tujuan dan harapan. Dan terakhir adalah Comunication skill atau kemampuan untuk menyampaikan gagasan, ide dan pendapatnya sehingga dapat dikolaborasikan dengan pandangan orang lain. Keempat potensi ini pula yang mendasari diadakannya Pekan Kreatifitas Mahasiswa.

Pen : Mawardi Dewantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *