Prodi AFI UNIDA Gontor, semakin menunjukkan kualitas dibidang pendidikan, kini telah terakreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT. Keputusan ini ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, pada tanggal. Hasil tersebut telah mengalami peningkatan dari hasil B menjadi A.

Sedangkan penilaian dilakukan oleh tim Asesor BAN-PT, yaitu: Prof. Dr. H. Ris’an Rusli, M.A. (dari UIN Raden Fatah Palembang) dan Prof. Drs. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum, Ph.d. (dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta), pada tanggal 09/02/2018 di Hall Senat Lantai II Universitas Darussalam Gontor.

Pencapaian akreditasi A merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, dalam meningkatkan mutu dan kualitas secara bertahap namun pasti dan mulai membuahkan hasil.

Perolehan akreditasi A merupakan momentum bagi Prodi AFI untuk terus meningkatkan kinerja kependidikan. serta, sebagai motivasi dalam meningkatkan mutu serta kualitas bagi para mahasiswa/i Universitas Darussalam Gontor.