Islamisasi adalah usaha menjadikan seluruh aspek dalam Universitas baik akademik maupun non akademik selaras dengan wordview (cara pandang), prinsip-prinsip ajaran, nilai-nilai etik, hukum dan norma Islam.

Islamisasi juga bermakna: membebaskan  manusia pertama-tama dari tradisi, mitologis, animistis, kultur-nasional (yang bertentangan dengan Islam), dan kemudian dari belenggu paham sekuler atas pemikiran dan bahasanya.

Islamisasi juga bermakna pembebasan dari dorongan fisiknya yang cenderung sekuler dan tidak adil terhadap hakekat diri atau jiwanya. Dengan demikian Islamisasi adalah suatu proses menuju bentuk asalnya.

Islamisasi dengan demikian adalah proses installing (menginstal) wordview, prinsip, hukum, nilai, etik dan norma Islam yang merupakan sofware (perangkat lunak) ke dalam Hardware (perangkat keras) berupa pelaku (dosen, mahasiswa, pegawai) dan lembaga (Universitas).

Bidang-bidang Islamisasi
Bidang Islamisasi mencangkup


Islamisasi Jiwa

Islamisasi jiwa adalah menjadikan seluruh aspek dalam diri manusia (keyakinan/keimanan, perasaan, pemikiran dan perbuatan) selaras dengan wordview, prinsip-prinsip ajaran, nilai-nilai, hukum dan norma Islam. Islamisasi jiwa adalah inti dari Islamisasi dan pokok dari bidang Islamisasi lainnya. Pangkal atau kata kunci Islamisasi jiwa adalah “Tauhid” dengan makna dan pemahaman yang telah disebutkan.

Islamisasi Ilmu

Islamisasi ilmu adalah menjadikan seluruh aspek pengetahuan (terminilogi, epsitimologi, framework, konsep, asumsi, teori dan metodologi serta prosesnya) selaras dengan wordview, prinsip-prinsip ajaran, nilai-nilai, hukum dan norma Islam.

Islamisasi Prilaku

Islamisasi prilaku adalah menjadikan seluruh aspek prilaku (sikap, tindak tanduk, tingkah laku, penampilan, tradisi, budaya) selaras dengan wordview, prinsip-prinsip ajaran, nilai-nilai, hukum dan norma Islam.

Islamisasi Lembaga dan Sistem

Islamisasi lembaga dan sisitem adalah menjadikan seluruh aspek lembaga (finance (keuangan), development (pengembangan staff/pegawai), usaha bisnis dan administrasi) selaras dengan wordview, prinsip-prinsip ajaran, nilai-nilai, hukum dan norma Islam.

Islamisasi Produk

Islamisasi produk adalah menjadikan seluruh bentuk produk yang dihasilkan individu (dosen, mahasiswa, alumni) atau Universitas baik berupa (seni, budaya, pemikiran, sarana-prasarana, undang-undang, alat, produk kesehatan seperti obat-obatan atau alat/bahan kecantikan, makanan atau minuman, media, perpolitikan dan seterusnya selaras dengan wordview, prinsip-prinsip, nilai-nilai, hukum dan norma Islam.