Aqidah dan Filsafat Islam

Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pendidikan dan Akhlak anak di masa Pandemi dalam Perspektif Islam

afi.unida.gontor.ac.id Berawal dari keluhan para orang tua terhadap pendidikan anak di masa pandemi ini, dimana anak merasa kurang tertata akhlaknya karena pembelajaran secara online yang kurang efektif dalam pembentukan karakter anak sehari-hari.

Maka dari itu perlunya peran orang tua dan guru dalam berkerja sama untuk membentuk karakter dan akhlak anak di masa pandemi ini. Dengan menata kembali kualitas dan perhatian terhadap anak demi terbentuknya akhlak dan pendidikan yang baik terhadap anak.

Yang Pertama adalah, menanamkan pemahaman kepada anak dengan memberikan pemahaman nilai-nilai ke-Islaman terhadap anak sebagai langkah awal bahwa mereka mempunya Allah sebagai panutan utama yang selalu mengawasinya di dalam segala lini kehidupan. Sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 1.

Yang Kedua adalah, setelah anak-anak sudah terbentuk pendirian di dalam kehidupanya bahwa Allah selalu mengawasinya di dalam segala pekerjaan maka mereka akan selalu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu terutama dalam mengerjakan pekerjaan sekolah yang saat ini dilaksana secara online di rumah masing-masing. Karena pada dasarnya segala pekerjaan yang baik adalah untuk beribadah kepada Allah termasuk untuk belajar dan menuntut ilmu.

Yang Ketiga adalah, membentuk lingkungan yang baik untuk anak, terutama dalam lingkungan keluarga dan orang tua dimana saat ini anak lebih banyak untuk tinggal di rumah.

Mengenai hal ini ada seorang penyair Muslim ternama Hafiz Ibrahim mengungkapkan sebagai berikut : “Al-Ummu madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq”. Yang artinya adalah ( Ibu adalah madrasah “Sekolah” pertama bagi anaknya. Jika engkau persiapkan ia dengan baik, maka sama halnya engkau persiapkan bangsa yang baik pokok pangkalnya ).

Dan harapan kita adalah untuk meberikan yang terbaik dimanapun dan bagaimanapun keadaanya, karena kita yakin ini semua adalah atas kehendak Allah dan Allah akan selalu melindungi hambanya yang selalu ber-Iman dan meminta tolong kepadanya.

Pen. Nawang Lukman Priyonggo

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *