Peran/Fungsi Lulusan

Setelah lulusan kerja apa?


Konsultan dan analisis Bidang Agama dan Filsafat Islam

  1. Mampu membuat penilaian berdasarkan kriteria yang logis dan rasional terhadap kasus-kasus yang berkaitan dangan bidang Aqidah dan Filsafat Islam.
  2. Mampu menilai berdasarkan norma internal dan eksternal bidang Aqidah dan Filsafat Islam terhadap persoalan sosial-kemasyarakatn yang muncul.
  3. Mampu mempertimbangkan [baik-buruk, pro-kontra, untung-rugi] terhadap persoalan sosial-kemasyarakatan yang muncul terkait bidang Aqidah dan Filsafat Islam.
  4. Mampu membentuk sistem nilai yang berbasis pada pemahaman Aqidah dan Pemikiran dalam kehidupan bermasyarakat.
  5. Terampil melibatkan diri pada kehidupan sosial kemasyarakatan sebagai bentuk kepekaan atas berbagai persoalan dan komunikasi sosial dalam rangka pengembangan ‘community develeopment’.
  6. Terampil memerikan solusi, arahan, konsultasi yang dilakukan secara moral.
  7. Memiliki komitmen moral, keikhlasan, kejujuran serta akhlak yang mulia sebagai refleksi dari kebenaran dan keteguhan keyakinannya.
  8. Mengembangkan sikap panca jiwa pondok medern.

Asisten Ahli Peneliti di Bidang Aqidah, filsafat, sosial dan keagamaan

  1. Mampu menganalisis basis filosofis-metodologis ilmu-ilmu yang masuk dalam rumpun keilmuan Aqidah dan Filsafat Islam yaitu kalam, Filsafat Islam, Tasawuf, dan Pemikiran Islam Kontemporer.
  2. Mampu menguraikan wilayah kajian ilmu-ilmu yang masuk dalam rumpun keilmuan Aqidah dan Filsafat Islam, yaitu kalam, Filsafat Islam, tasawuf, dan Pemikiran Islam Kontemporer.
  3. Mampu menganalisis teori-teori ilmu-ilmu yang masuk dalam rumpun keilmuan Aqidah dan Filsafat Islam dan perkembangannya.
  4. Mampu menguraikan beragam aliran dan gerakan serta madzhab pemikiran dalam bidang Aqidah dan Filsafat Islam yang berkembang baik pemikiran klasik ataupun kontemporer sesuai dengan perspektif ahli sunnah wal jama`ah.
  5. Terampil mengaplikasikan teori-teori ilmu-ilmu yang masuk dalam rumpun keilmuan Aqidah dan Filsafat Islam, dan konsekuensi metodologisnya dalam program penelitian
  6. Terampil menghasilkan karya penelitian di bidang Aqidah dan Filsafat Islam yang dipublikasikan.
  7. Terampil memberikan solusi atas problem ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam rangka pengembangan Islamisaisi Ilmu pengetahuan kontemporer dalam format hasil penelitian
  8. Memiliki sikap Objektif, moderat, terbuka dan adaptif.
  9. Mengembangkan sikap panca jiwa pondok medern.

Pemikir Keagamaan

  1. Mampu membedakan fakta dari interpretasi, terkait persoalan Aqidah dan Pemikiran, dan persoalan keagamaan pada umumnya.
  2. Mampu menganalisis problem keagamaan, baik pada lingkup individu, kelompok-kelompok masyarakat, lingkup sosial pada umumnya, maupun pada lingkup kemanusiaan universal.
  3. Mampu menyusun kembali berbagai konsep dan pemikiran terkait bidang Aqidah dan Filsafat Islam Terampil menyusun program kerja pengembangan masyarakat berbasis Aqidah dan Pemikiran
  4. Terampil mengkategorikan berbagai masalah keagamaan yang muncul
  5. Terampil memberi argumen yang kokoh dari pemikiran yang ditawarkan
  6. Memiliki kepekaan terhadap masalah sosial – kemasyarakatan terutama yang terkait dengan masalah-masalah teologi, filsafat, pemikiran dan moral pada level tertentu yang ditindaklanjuti dengan upaya penyelesaianya secara arif dan bijaksana dalam bingkai ilmu pengetahuan sesuai tuntungan zaman.
  7. Memiliki sikap panca jiwa pondok medern.

Penulis [Buku berbagai bidang berbasis pada pemahaman] Aqidah dan Pemikiran Islam

  1. Mampu menganalisis konsep-konsep kunci keilmuan Aqidah dan Filsafat Islam
  2. Mampu mengaplikasikan pola pikir religius, logis, dan rasional dalam karya tulis
  3. Mampu menganalisis problem-problem individu, sosial, dan profesional, dalam konteks keilmuan Aqidah dan Filsafat Islam.
  4. Terampil menciptakan karya buku di berbagai bidang keilmuan dan berbagai segmen masyarakat, dalam kerangka Aqidah dan Pemikiran.
  5. Terampil menerjemahkan literatur berbahasa arab dan inggris dalam bisang aqidah. filsafat, tasawwuf baik klasik maupun kontemporer.
  6. Memiliki komintmen moral, keikhlasan, kejujuran serta akhlak mulia sebagai refleksi dari kebenaran dan keteguhan keyakinanya.
  7. Mengembangkan sikap panca jiwa pondok medern.