Aqidah dan Filsafat Islam

Studi Akademik : Pelatihan Soft Skill di Masa Pandemi

Siman http://unida.gontor.ac.id –  Meski dalam masa pandemi, kegiatan Studi Akademik mahasiswa semester 2 Progam Studi Aqidah dan Filsafat Islam kembali diselenggarakan pada tahun ini pada tanggal 21-23 Maret. Kegiatan Studi Akademik Prodi Aqidah dan Filsafat Islam tahun ini menekankan mahasiswanya pada pelatihan soft skill, salah satunya berkuda. Pelatihan berkuda dilaksanakan selama dua hari dengan mengambil tempat yang berbeda. Pada hari pertama di lapangan dekat Terminal Selo Aji dan hari kedua di lahan terbuka tak jauh jauh dari tempat pertama. Pengambilan tempat yang berbeda bertujuan untuk melatih penguasaan berkuda mahasiswa saat berada pada tempat yang berbeda. Dengan kuda yang berjumlah tiga, memudahkan mahasiswa dalam berlatih karena dapat dengan cepat bergantian dan secara intensif dalam mencoba. Penilaian dalam pelatihan ini mencakup, cara berjalan, berlari, berbelok, dan tingkat penguasaan kuda.

Studi Akademik; Kunjungan Mahasiswa Prodi AFI ke Kediaman Drs. Farid Mustofa

Setelah dirasa cukup, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan bakti sosial ke Pondok Pesantren Nurul Qur’an pada hari pertama dan Panti Asuhan Darul Muhsinin pada hari kedua. Kedua tempat tujuan tersebut merespon dengan sangat gembira atas kunjungan Studi Akademik Prodi Aqidah dan Filsafat Islam ini. Dengan dihadiri oleh seluruh santri dan anak asuh, kegiatan bakti sosial berjalan dengan baik dan lancar. Keduanya berharap agar progam ini dapat terus berkembang dan berkelanjutan.

Kunjungan Bakti Sosial Panti Asuhan Darul Muhsinin

Setelah menunaikan sholat Dzuhur berjamaah, 16 mahasiswa Progam Studi Aqidah dan Filsafat Islam melanjutkan kegiatan Studi Akademiknya dengan melatih soft skill berenang selama tiga hari berturut-turut diluar kampus, Pemandian Tirto Kusumo menjadi tempat tujuannya. Meski pelatihan soft skill renang tersebut tidak dilatih oleh pelatih renang sungguhan, tidak mengurangi rasa antusias para mahasiswa dalam berlatih berenang. Mahasiswa yang sudah bisa berenang melatih temannya yang belum bisa berenang. Disamping memupuk rasa kepedulian antar sesama, juga mengasah kemampuan mahasiswa untuk bisa melatih teman-temannya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pertandingan Liga Futsal antara dosen dan mahasiswa. Dengan pembagian tim dari mahasiswa dibagi menjadi 3, dengan masing-masing 5 orang per tim. Pertandingan Liga Futsal mengambil tempat di Golden Futsal selama tiga hari. Lapangan yang dinilai dekat dekat kampus membuat mahasiswa dan dosen dengan mudah mengikuti pertandingan tersebut. Dosen yang ikut serta dalam pertandingan tersebut diantaranya, Ust. Ahmad Farid Saifudin, Ust. Achmad Reza Al-Faruqi, Ust. Nofriyanto, dan Ust. Usmanul Khakim. Keikutsertaan dosen dalam kegiatan ini memicu semangat para mahasiswa dalam meningkatkan kerjasama dan kekompakan antar tim. Pertandingan futsal pada sore hari tersebut sekaligus menjadi akhir dari runtutan kegiatan harian Studi Akademik Prodi Aqidah dan Filsafat Islam tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *