Datangkan Prof. Martin van Bruinessen dalam Kuliah Umum, berikut Profil dan Temanya

Datangkan Prof. Martin van Bruinessen dalam Kuliah Umum, berikut Profil dan Temanya

Dalam acara Pengarahan dan Pembagian Tugas Ujian Tengah Semester Gasal 1441/2020 kemarin (14/08/2019), Ustadz Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi menyampaikan rencana kunjungan Prof. Dr. Martin van Bruinessen ke kampus UNIDA Gontor.

“Jum’at-Sabtu besok kita kedatangan tamu penting, Prof. Martin van Bruinessen, orientalis dari Belanda yang sudah melakukan banyak penelitian, termasuk di Indonesia. Dengan kesibukan yang ada, saya harapkan semua dosen nanti bisa hadir,” himbau Bapak Rektor UNIDA Gontor ini.

Welcome Prof. Martin van Bruinessen

Kunjungan ini tentu istimewa untuk UNIDA Gontor. Terlebih, kedatangan Guru Besar Studi Kurdi Utrecht University Belanda ini sebagai pemateri utama dalam Kuliah Umum yang akan diselenggarakan di Hall of CIOS UNIDA Gontor, Sabtu (17/08/2018).

Kuliah Umum ini mengangkat tema “Islam, Nationalism, Transnationalism: Controversies Around Islam Nusantara and NKRI Bersyariah”, dan akan dihadiri segenap civitas akademika UNIDA Gontor.

Antropolog kelahiran Schoonhoven, Utrecht, Belanda, 10 Juli 1946 tersebut memang dikenal sebagai peneliti bidang keagamaan yang serius dan produktif, dan tema di atas memang sesuai dengan bidang kepakarannya.

Situs Wikipedia mencatat, Prof. Martin pernah melakukan penelitian di Bandung (1983-1984), Konsultan metode penelitian di LIPI (1986-1990), Dosen tamu pascasarjana Bidang Sosiologi Agama di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1991-1993). Dia juga menulis beberapa masalah mengenai penyebaran Islam di Indonesia.
[Rep. Muhammad Faqih Nidzom]

Prof. Martin van Bruinessen di UNIDA Gontor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *