Aqidah dan Filsafat Islam

Kekuatan dan Keberkahan Bismillah

“Berilah dengan nama Allah, ambillah dengan nama Allah, mulailah dengan nama Allah dan bekerjalah dengan nama Allah”
[Badiuzzaman Sa’id Nursi]

afi.unida.gontor.ac.id – Bismillah adalah awal kebaikan dan permulaan segala urusan yang penting, karena selain sebagai syiar Islam, kalimat tersebut merupakan dzikir seluruh entitas lewat lisanul hal (keadaan).

Hal tersebut juga merupakan kekayaan besar yang tidak akan pernah habis. Sebab, dengannya kefakiran terpaut dengan sebuah rahmat luas dan mutlak lebih luas dari seluruh entitas. Maka, kalimat tersebut awal sebelum manusia melakukan aktivitas.

Orang yang beraktivitas dengan kalimat tersebut bagaikan orang yang bergabung dalam sebuah pasukan. Ia bertindak atas nama negara tanpa takut kepada siapa pun. Karena kekuatan dan keberkahan bismillah diumpamakan seorang prajurit Badui yang hidup berhijrah ke sebuah kota lain, di mana harus berafiliasi membutuhkan asupan, bantuan dengan pemimpin kabilah, serta harus berada pada perlindungannya supaya terbebas dari gangguan orang-orang jahat, selain itu juga agar bisa menunaikan pekerjaannya dan mendapatkan berbagai kebutuhannya.

Jika tidak, maka ia akan merana sendirian dalam kondisi cemas dan gelisah menghadapi musuh yang banyak dan kebutuhan yang tak terhingga.

….

Dari cerita di atas, jelas bahwa dibalik dari kalimat bismillah menunjukkan kekuatan dan keberkahan yang sangat luar biasa. Dan seluruh apa pun harus diawali dengan bismillah. Wallahua’lam bishowab
Penulis. Hutama

Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *