Aqidah dan Filsafat Islam

PILMAPRES: Menuju UNIDA Yang Lebih Maju Dan Berprestasi

Setelah melalui beberapa proses seleksi pemberkasan dan ujian karya tulis setiap peserta dimulai dari prodi mereka masing-masing, pagi ini Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) kembali melanjutkan seleksi pada agenda Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2021 (PILMAPRES 2021) dalam tingkat fakultas yang dicanangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia.

Sesi presentasi peserta PILMAPRES Fakultas Ushuluddin

Acara ini merupakan acara tahunan Kemenristekdikti Indonesia yang ditujukan untuk menyaring kandidat-kandidat mahasiswa berprestasi seluruh Universitas dan Perguruan Tinggi Indonesia yang diharapkan mampu menjadi bagian dari insan unggul, cakap, kreatif, mandiri, inovatif, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa serta dituntut mampu menyelaraskan diri dengan fenomena-fenomena yang terjadi. Selain itu, salah satu mahasiswa kampus putra Siman dalam kesempatan tersebut unjuk kebolehan dalam ajang ini dengan memaparkan pengelolaan limbah sampah plastik dengan gerakan Bebas (Bersama Basmi Sampah) sebagai realisasi prinsip at- tandzif perspektif ekologis.

Adapaun acara seleksi PILMAPRES tahap fakultas ini diselenggarakan oleh Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) bertempat diantara lain, seperti gedung Sirah Nabawiyah UNIDA Gontor, gedung CIES UNIDA Gontor, ruang Lab Multimedia, dan gedung CIOS UNIDA Gontor.

Fakultas Ushuluddin mengadakan acara PILMAPRES ini di gedung CIOS UNIDA Gontor.  Dalam fakultas Ushuluddin UNIDA Gontor setidaknya terdapat tiga prodi, yaitu Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Al-Qu’ran dan Tafsir, Studi Agama-Agama. Setiap masing-masing dari tiga prodi tersebut mengutus mahasiswa-mahasiswa yang menjadi perwakilan dalam acara pemilihan mahasiswa berprestasi.

Peserta PILMAPRES Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam beserta Dosen Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam

“Pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan tahun ini PILMAPRES tidak lagi di bawah naungan prodi akan tetapi, tahun ini langsung di bawah naungan fakultas”, ujar Ustadz Moh. Isom Mudin. Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam mengutus enam mahasiswanya untuk melaju ke tahap selanjutnya, yaitu tahap seleksi di fakultas, tiga mahasiswa dari UNIDA Siman , satu mahasiswa dari UNIDA Mantingan dan 2 mahasiswa dari Mahasiswa Guru Universitas Darussalam Gontor.

Melalui tahap seleksi fakultas ini mahasiswa Fakultas Ushuluddin khususnya program studi Aqidah dan Filsafat Islam mampu bersaing dengan prodi-prodi lainnya. PILMAPRES kali ini akan melibatkan lebih banyak dosen dan meningkatkan kualitas penilaian dan lebih selektif dalam menilai sensitivitas peserta baik segi kesiapan mental maupun tulisannya secara subjektif dan objektif.

Pen. Ahmad Farhan Nasution
Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *