Mengenal Lebih Dekat Rabithah Alawiyah Jember

Mengenal Lebih Dekat Rabithah Alawiyah Jember

Rabu, 30 Nov 2022 – Perjalanan Studi Pengayaan Lapangan AFI semester 6 Kampus Siman dan Rabithah memasuki hari ke-2 dengan rentetan acara yaitu silaturahmi dengan pengurus Rabithah Alawiyah yaitu para habaib di daerah Jember. Acara diselenggarakan setelah shalat Isya’ pukul 19.30 WIB bertempat di Gedung Rabithah Alawiyah.

Dalam acara silaturahmi ini dihadiri oleh para habaib yang berjumlah 9 orang dan Sayyid Hamid Bin Husein Al Hamid selaku ketua Rabithah Alawiyah juga turut hadir dalam acara tersebut. Acara ini di awali dengan sambutan dari habib Hamid selaku sesepuh dari organisasi Rabithah Alawiyah daerah Jember.

Setelah Habib Hamid sambutan, beliau melanjutkan dengan menjelaskan asal-usul Rabitahah Alawiyah ini didirikan. Rabithah Alawiyah didirikan pada Tanggal 16 Januari 1928 yang bernama Rabithatul Alawiyah. Dan pada tahun 1931 Rabithah Alawiyah ini mendirikan Maktab Dai’mi yang berfokus dengan pemantapan nasab para habāib di Indonesia ini.

Didirikannya Maktab Dai’mi ini untuk bertujuan untuk menyelesaikan masalah di lapangan yaitu berkenaan dengan banyaknya individu atau oknum-oknum yang mengaku sebagai keturunan Rasulullah SAW padahal mereka adalah habib palsu yang menipu masyarakat awam. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa Rabithah Alawiyah ini mendirikan maktab dai’mi yang bertugas sebagai pemantapan nasab, agar terhindar dari habib-habib palsu di masyarakat.

Adapun Yayasan Rabithah Alawiyah bergerak pada tiga bidang utama yakni bidang dakwah, pendidikan dan sosial. Diantara Program-program Rabithah Alawiyah adalah membina masyarakat di bidang keagamaan, membantu para habib yang tidak mampu dan juga masyarakat umum, menggalang dana bantuan bagi korban bencana dan lain sebagainya.

Baca Juga: Menyebarkan Cinta Melalui Radio Dakwah 107.7 FM

Adapun kegiatan rutin yang biasanya dilaksanakan oleh Rabithah Alawiyah yaitu pertemuan setiap tanggal 5, acara tersebut biasanya diisi dengan tahlilan atau pembacaan maulid nabi sesuai kesepakatan bersama para al-habib di Rabithah Alawiyah.

Pertemuan ini berlangsung dengan khidmat dan lancar. Para mahasiswa juga aktif bertanya saat para habib membuka sesi pertanyaan sekaligus diskusi di dalamnya. Acara ini kemudian diakhiri dengan foto bersama kemudian penyerahan kenang-kenangan dari UNIDA Gontor ke Yayasan Rabithah Alawiyah Kabupaten Jember.

Pen. Moh. Harun R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *